DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH________________________MARI KITA SUKSESKAN PENYELENGGARAAN MUSABAQAH QIRAATIL KUTUB (MQK) TINGKAT PROVINSI ACEH TAHUN 2020

Tenaga Pendidik Dayah Dibekali Ilmu Didaktik Metodik

Kategori : Berita Rabu, 11 Maret 2020 - Oleh rizafazzil

 

Dinas Pendidikan Dayah Aceh membekali Ilmu didaktik metodik bidang keilmuan tahfizd bagi tenaga pendidik dayah. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Al Hanifi, Banda Aceh, 11-14 Maret 2020.

Mustafa, S.Sos. M.Si, Kabid SDM selaku ketua panitia pelaksana kegiatan dalam laporannya, menyampaikan bahwa para peserta merupakan guru tahfizd yang berjumlah 50 orang dari sejumlah dayah tahfizd yang tersebar di seluruh aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny, S.Ag. MM., dalam arahannya saat membuka acara mengatakan, bahwa pemerintah telah mengistimewakan dayah yang menurut qanun dibagi dalam 3 katagori, yang salah satunya adalah pendidikan dayah tahfizd.

Menurut Usamah, para hafizd dan hafidzah mempunyai daya tarik tersendiri, bagi dirinya dan bagi masyarakat pada umumnya, khususnya daya tarik ketika menjadi imam di Menasah-meunasah dan Mesjid-mesjid.

Pada sisi lain, Usamah melanjutkan, adanya perkembangan Islam di negara-negara mayoritas non muslim, suatu saat bukan tidak mungkin, menurutnya akan diminta imam dari Aceh dan pada saat bersamaan para hafidz hafidzah telah siap dengan bekal hafalan yang dimilikinya.

Di samping itu, Usamah juga meminta para hafidz untuk menyempurkan ilmunya dengan mendalami ilmu agama lainnya, seperti fiqih dan disiplin ilmu agama lainnya.

“Usamah berjanji, ke depan dia akan berusaha mendorong dayah untuk selalu melestarikan ilmu yang menyangkut dengan Al Qur’an.”

Dia berharap Dayah dayah tahfizfd terkonsolidasi dengan baik, ditambah guru-guru yang berkompeten.

Usamah juga menyinggung, bahwa kegiatan tersebut juga akan didorong oleh para Ikatan Alumni Timur tengah (IKAT) Aceh. Usamah meminta kerjasama IKAT untuk mengevaluasi secara bersama untuk mengetahui plus minusnya kegiatan tersebut.

Ketua IKAT Muhammad Fadhil, yang hadir pada acara tersebut, dalam kesempatan yang diberikan oleh panitia menyampaikan, IKAT sangat mendukung kegiatan tersebut, dan dirinya berharap agar kedepan dapat dikembangkan lebih luas lagi.

Muhammad Fadhil juga menyampaikan rasa bangganya atas kegiatan didaktik motodik yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Dayah Aceh

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan Didakdik metodik akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 11 hingga 14 Maret 2020. Yang diasuh oleh instruktur handal baik dari dalam maupun luar negeri.[]