DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH________________________MARI KITA SUKSESKAN PENYELENGGARAAN MUSABAQAH QIRAATIL KUTUB (MQK) TINGKAT PROVINSI ACEH TAHUN 2019

LOGO MUSABAQAH QIRAATIL KUTUB (MQK) TINGKAT PROVINSI ACEH TAHUN 2019

Kategori : Berita Rabu, 25 September 2019 - Oleh rizafazzil

 

MAKNA LOGO

Logo ini terbentuk dari bintang 8 dengan istilah Najmat al-Quds atau Rub al-Hizb yang merupakan bentuk geometris islam yang universal. Bentuk logo juga memiliki kemiripan komposisi gaya loral dengan sentuhan estetika yang membentuk seuntai bunga khas Aceh (Bungong Meulu) dan rempah khas Aceh (Bungong Lawang Kleng). Secara semiotika, logo dapat dianalogikan dari gabungan 2 persegi (kotak) antara Ka’bah dan Baitul Makmur, sehingga membentuk 8 sudut. Diharapkan memberikan keseimbangan, kekuatan dan keagungan. Perpaduan 2 warna (Hijau dan Kuning) bermakna program unggulan Pemerintah Aceh (Aceh Meuadab dan Aceh Carong) yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Dayah.


Warna logo ini meliputi warna light coklat, kuning orange, abu-abu dab dark coklat. Warna coklat bermakna warna elemen bumi yaitu tanah yang mencerminkan bagian dari kehidupan, Warna kuning-orange terkait dengan kitab kuning yang menjadi objek utama dari event Musabaqah Qiraatul Kutub, sebagaimana kitab kuning dapat menjadi salah satu pedoman dalam khazanah keilmuan. Serta warna abu-abu yang merupakan warna ketenangan dan kebijaksanaan.