DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH

Tengku Dayah Dilatih Ilmu Falaq

Kategori : Berita Rabu, 24 April 2019 - Oleh rizafazzil

 

Sebagai upaya meningkatkan kapasitas SDM di Dayah, Dinas Pendidikan Dayah Aceh kembali mengadakan pelatihan Ilmu Falaq untuk teungku dari sejumlah dayah yang tersebar di Aceh.

Acara yang bertemakan “Pelatihan Ilmu Falaq untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Sebagai Metode Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Teoritis dan Praktis” ini, akan berlangsung selama 4 hari mulai 26-29 April 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny, S.Ag, MM dalam sambutannya yang diwakili Kepala Bidang SDM, Mustafa, S.Sos, M.Si, mengatakan ilmu falaq merupakan bagian dari ilmu agama, yang memberikan kontribusi besar dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam penentuan waktu shalat, arah kiblat dan penentuan awal puasa Ramadhan, kata Mustafa saat membuka acara di Hotel Mekkah, Banda Aceh, pada Jumat Malam (26/04).

Mustafa melanjutkan, ilmu falaq atau yang juga dikenal dengan ilmu hisab, selalu dibutuhkan manusia. Sebagai ilmu yang menelaah tentang benda yang jauh diluar angkasa, ilmu falaq memberi banyak manfaat bagi manusia.
Kami berharap tengku-tengku berkenan aktif mengikuti pelatihan ini, sudah sangat sedikit ulama yang paham akan ilmu falaq ini, maka keseriusan untuk mempelajarinya harus tinggi, agar kelangkaan ilmu falaq tidak terjadi, harap Mutafa.

Sementara itu Ketua Panitia, Rosti Maidar SE MSi dalam laporannya menyampaikan, acara pelatihan tersebut akan diikuti oleh 40 orang peserta dan yang akan menjadi pemateri diantaranya, Tgk Abdullah Ibrahim ( Abu Tanjong Bungong), Tgk H Muhammad Isa, Tgk H Muhammad Hatta, Lc, M.Ed, Dr. Suhrawardi MSi dan Tgk Al-Firdaus Putra.[]