DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH

Merajut Kemesraaan Dengan Guru Kontrak

Kategori : Berita Rabu, 10 April 2019 - Oleh rizafazzil

 

Dinas Pendidikan Dayah Aceh sudah 10 tahun lamanya mengikat kontrak 194 orang Guru yang tugasnya itu mengajar di dayah di seluruh Aceh.

Dalam menjalakan tugas mulia ini tentu banyak ujian dan cobaan, tapi saya tau, para guru melaluinya dengan sabar dan tawakkal kepada Allah yang maha kuasa, ujar Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny.

Untuk itu, Dinas Pendidikan Dayah Aceh menggelar acara Pelatihan dan Pembinaan Kompetisi bagi Guru Kontrak Dayah yang acaranya di hotel Mekkah, Banda Aceh. Acara ini sebenarnya lebih kepada merajut kemesraan dengan guru-guru yang sudah berpeluh keringat mengajari santri-santri di dayah. Sudah 10 tahun lamanya, rasanya tak ada pertemuan resmi seperti ini, mungkin pun ada dari Bapak dan Ibu yang tidak pernah menginap di Hotel, ujar Pak Usamah mencandai para Guru Kontrak dan disambut tawa mereka.

Pada pelatihan ini, guru kontrak dayah akan diberikan materi dari narasumber yang berasal dari FKIP Unsyiah, tentu para pemateri adalah yang punya kompetensi meningkatkan kualitas para guru-guru yang mengikuti pelatihan.

Dalam arahannya tadi malam, Pak Kadis menyampaikan kepada seluruh guru kontrak untuk dapat memperbaharui komitmen, memperbaharui semangat, supaya lebih giat dan tekun lagi dalam proses belajar dan mengajar di Dayah. Guru butuh Konsentrasi penuh dan totalitas di tempat tugas masing-masing, ujarnya dengan mimik serius.

Usamah juga menghimbau kepada para guru kontrak untuk dapat “meningkatkan kualitas diri masing-masing mereka, perbaharui informasi terkini, perbaharui metode dan perkaya pengetahuan.” Semua hal ini sangat penting dimiliki oleh seorang tenaga pendidik.

Bapak ibu sekalian, sampai kapanpun Pemerintah Aceh tidak sanggup membalas kontribusi dan jasa bapak ibu selama ini dalam proses mencerdaskan anak bangsa, khususnya yang sedang nyantri di dayah. Saya, sebagai Kepala Dinas Pendidikan Dayah yang mewakili Pemerintah Aceh mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak ibu sekalian, ucap Usamah.

Usamah melanjutkan, guru kontrak adalah bagian yang tak terpisahkan dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh, yang ditempatkan untuk membantu dayah, jika ada keluhan dan permasalahan agar dapat disampaikan kepada kami, kita akan carikan solusi bagi guru-guru sekalian, ini juga bagian dari penghargaan kami kepada guru yang sudah 10 tahun lamanya mengabdi di Dayah.

Terakhir Usamah juga menghimbau kepada seluruh guru kontrak untuk selalu optimis dalam mengarungi kehidupan ini, jangan pernah pesimis, selalu ada peluang-peluang yang mencerahkan kehidupan kita, kuncinya jangan lupa selalu menadahkan tangan ke atas untuk memohon do’a kepada pemilik seluruh alam, Allah SWT.[]