DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH________________________MARI KITA SUKSESKAN PENYELENGGARAAN MUSABAQAH QIRAATIL KUTUB (MQK) TINGKAT PROVINSI ACEH TAHUN 2019

Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

Kategori : Berita Selasa, 09 April 2019 - Oleh rizafazzil

 

Dinas Pendidikan Dayah Aceh bekerjasama dengan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala mengadakan Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) bagi santri Dayah di Empat dayah di wilayah Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Empat Dayah tersebut diantaranya Dayah Inshafuddin Banda Aceh, Dayah Al-Manar Aceh Besar, Dayah Nidhamul Fata Banda Aceh dan Dayah Ulee Titi Aceh Besar.

Pada hari ini Selasa (09/04) Dinas Pendidikan Dayah Aceh bersama dengan Fakultas Keperawatan Unsyiah melakukan pelatihan P3K di Dayah Inshafuddin Banda Aceh.

Kegiatan yang di istilahkan dengan SADAR (Santri Dayah First Aider) ini bertujuan agar santri mampu mengetahui konsep dasar pertolongan pertama pada kecelakaan. Sehingga Santri menjadi first aider (penolong pertama) temannya yang menderita kecelakaan atau sakit sebelum mendapatkan penanganan pada fasilitas kesehatan.

Menurut Dekan Fakultas Keperawatan Unsyiah Dr Hajjul Kamil S.Kp M.Kep saat menyampaikan sambutan mengatakan pentingnya kegiatan ini adalah sebagai upaya penanganan langsung bagi santri dayah yang kecelakaan, saat ini jika ada kecelakaan paling banyak itu menjadi penonton bukan jadi penolong, karena tidak paham dan tidak cakap dalam melakukan pertolongan pertama terhadap korban.

Oleh sebab itu, Setiap dayah harus mempunyai unit kesehatan dayah, yang mana di isi oleh santri-santri yang cakap dalam langkah-langkah menangani korban sementara.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny S.Ag MM dalam sambutannya mengatakan pelatihan P3K ini merupakan bagian dari Unit Kesehatan Dayah bagi para santri, bagaimana setiap santri mempunyai pemahaman dan ketrampilan dalam pertolongan pertama pada kecelakaan dalam lingkungan dayah.

Pak Usamah melanjutkan, bahwa kita memandang penting ada santri-santri yang mengerti akan pertolongan pertama pada kecelakaan, karena kita tidak bisa memprediksi ke depan kejadian apa yang menimpa kita, minimal sekali jika terjadi kecelakaan ada pertolongan pertama dari Dayah, sebelum dibawa ke rumah sakit jika keadaan nya semakin parah.

P3K ini sangat penting bagi dayah yang jaraknya jauh dari Puskesmas atau Rumah Sakit, Penanganan cepat ini bisa mengatasi dan meminimalisir kecelakaan lebih parah. Maka untuk penanganan seperti ini bisa kita lakukan pada semua kalangan, karena penangangan luka bisa dilakukan oleh siapapun tak terkecuali Santri Dayah. Untuk itu saya mengharapkan pengetahuan dasar P3K pada santri terus digencarkan dan programnya bisa terus berkelanjutan, ujar Usamah.

Dapat dibayangkan ketika Santri mengalami luka pendarahan dan untuk mendapatkan pertolongan pertama dia harus menempuh jarak jauh. Keadaan itu justru akan menambah rasa panik. Oleh karena itu, Usamah berharap para pimpinan Dayah semakin menyadari akan pentingnya memberikan pelatihan ketrampilan P3K bagi santri Dayah sebagai langkah pertolongan pertama pada santri jika ada musibah.

Pak Kadis juga mengucapkan rasa terimakasih kepada Fakultas Keperawatan Unsyiah yang sudah bersedia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Dayah Aceh dalam pelatihan Pertolongan pertama pada kecelakaan ini.[