DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH

Dayah Berpeluang Memimpin Perubahan di Aceh

Kategori : Berita Jumat, 22 Maret 2019 - Oleh rizafazzil

 

Dayah dengan segenap potensi strategis yang dimilikinya sangat berpeluang memimpin perubahan ke arah yang lebih baik di Aceh, terutama dalam rangka mewujudkan kemandirian Ekonomi, politik dan kebudayaan.

Penegasan tersebut disampaikan Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny, saat menjadi salah satu peserta Panel Diskusi dengan thema Peranan Dayah Dalam Menciptakan Kemandirian Politik, Ekonomi dan Kebudayaan, yang dilaksanakan Panitia Rakerwil NU Aceh , Jumat malam, 22/3, di Hotel Mekkah.

Menurut Usamah ikhtiar mewujudkan kemandirian itu bukan persoalan yang berat bila segenap potensi dayah dapat dikonsolidasi dengan baik.

Yang dibutuhkan saat ini, lanjut Usamah, diperlukan sejumlah tokoh konsolidator untuk mengubah potensi itu dari kondisi pasif menjadi aktif konstruktif sehingga segenap potensi dayah yang ada dapat dikonsolidasikan menjadi sebuah kekuatan ekonomi, kekuatan politik yang kemudian akan mampu melahirkan sebuah peradàban baru yang membanggakan di Aceh.

Menurut Usmah potensi dayah di Aceh ibarat harimau tidur. "Yang kita butuhkan sekarang adalah adanya tokoh yang mampu membangunkan harimau tidur itu", tegas Usamah. []