DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH________________________MARI KITA SUKSESKAN PENYELENGGARAAN MUSABAQAH QIRAATIL KUTUB (MQK) TINGKAT PROVINSI ACEH TAHUN 2019

Ikrar Bersama "Aku Siap Netral" Dinas Pendidikan Dayah Aceh

Kategori : Berita Senin, 18 Maret 2019 - Oleh rizafazzil

 

Banda Aceh – Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny menginstruksikan kepada seluruh jajaran di lingkungannya untuk bersikap netral pada Pemilihan Umum 2019 mendatang. Instruksi ini disampaikan Usamah saat memimpin apel dan sekaligus deklarasi ikrar ASN (Aku Siap Netral) di halaman kantor Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Senin (1/3/2019).

“Sikap netral itu memang sebuah kewajiban bagi kita sebagai ASN agar tidak berpihak kemanapun jelang Pemilu 2019. Tentu saja ada sanksi apabila kita melanggar kebijakan tersebut,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny.

Dalam sambutannya, Usamah mengatakan bahwa ASN harus berada di garda terdepan dalam bersikap netral tersebut. Kendati demikian, Usamah mengingatkan agar setiap ASN juga harus menggunakan hak pilihnya di pesta demokrasi 17 April mendatang. Ia mengibaratkan ASN sebagai kucing yang hidup di sebuah rumah dimana harus tunduk dan patuh pada sang pemilik rumah.

“Mari kita sukseskan pesta demokrasi ini dengan tidak berpihak kemanapun. Meskipun demikian, ASN harus menjadi pelopor dalam menyukseskan pesta demokrasi agar berjalan aman dan damai. Setiap ASN dilarang melakukan ujaran kebencian, SARA dan hoaks,” tegas Usamah El Madny.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Sekretariat Panwaslih Aceh, Zulfan Effendi Irfan yang ikut hadir pada apel tersebut. Menurutnya, ikrar itu diharapkan menjadi komitmen bersama sikap netralitas para ASN dalam menyonsong pemilu yang aman dan damai. Hal ini dilakukan agar tidak ada satupun dari para aparatur di lingkungan Pemerintah Aceh yang melanggar ketentuan.

“Ikrar bersama ini kita harapkan menjadi pelopor perdana para ASN agar bersikap netral dan tidak ada keterpihakan kemanapun. Meski kita bersikap netral, para ASN juga tidak boleh golput. Baik atau tidaknya nasib bangsa kita ke depan, itu sangat tergantung pada pilihan kita hari ini. Mudah-mudahan hak pillih itu akan menentukan garis kebijakan kita nantinya,” ujar Kepala Sekretariat Panwaslih Aceh, Zulfan Effendi Irfan.

Turut serta dilaksanakan penandatangan petisi ikrar bersama “Aku Siap Netral” yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Dinas Pendidikan Dayah Aceh. Selain itu, sejumlah SKPA di lingkungan Pemerintah Aceh lainnya juga ikut melaksanakan ikrar “Aku Siap Netral”.

Adapun SKPA yang dimaksud adalah Dinas Sektretariat DPR Aceh, Satpol PP/WH Aceh, Rumah Sakit Ibu dan Anak, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe, Baitul Mal Aceh, Dinas Syariat Islam dan Dinas Perhubungan Aceh. []