DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny S.Ag MM membuka acara Rapat Kerja Wilayah yang Ke-II PW Al- Jam’iyatul Wasliyah Aceh

Kategori : Berita Sabtu, 16 Maret 2019 - Oleh rizafazzil

 

Mewakili Plt Gubernur Aceh Ir H Nova Iriansyah MT, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny S.Ag MM membuka acara Rapat Kerja Wilayah yang Ke-II PW Al- Jam’iyatul Wasliyah Aceh Sabtu malam tadi (16/3) di Hotel Safira, Kota Sigli Kabupaten Pidie.

Ketua Panitia Acara Ustad Ahkyar M Ali S.Ag M.Ag dalam laporannya menyampaikan bahwa acara rapat kerja yang bertemakan “Bersinergi Mewujudkan Aceh Carong dan Meuadab” ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 16-18 Maret yang diikuti oleh Pengurus Al- Jam’iyatul Washliyah 23 Kabupaten dan Kota Seluruh Aceh, dan juga Pimpinan Sekolah tinggi Kampus Al-Washliyah dengan total jumlah peserta Raker sebanyak 100 orang.

Dalam rapat kerja wilayah ini, ada 3 Narasumber yang akan memberikan materi dalam Diskusi Panel diantaranya Prof Dr H Farid Wajdi Ibrahim MA dengan judul materi “Penguatan Basis Internal dan Eksternal PW Al-Washliyah, Prof Dr H Rusydi Ali Muhammad MA dengan judul materi “Perjuangan Al-Washliyah antara Pendidikan, Dakwah, Sosial dan Politik”, dan yang terakhir Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny S.Ag MM dengan judul materi “Peran Dinas Pendidikan Dayah Aceh dalam Pemberdayaan Dayah dan Ormas Islam”, Ujar Mantan Ketua BKPRMI Aceh itu.


Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny saat membuka acara mengatakan bahwa Pemerintah Aceh sangat mendukung semua kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh Ormas Islam, Kontribusi Ormas Islam dalam misi Pencerdasan Ummat sangatlah berarti. Untuk itu, Pemerintah Aceh berharap agar Al-Jam’iyatul Al-Wasliyah juga terus berkonstribusi konstruktif untuk menyukseskan program-program Pemerintah Aceh.

Usamah juga meminta agar Al-Washliyah memastikan Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh berjalan sebagaimana mestinya. Keberadaan Al Washliyah perannya sangat signifikan dalam menggerakkan arah pembangunan di Aceh. Oleh Karena itu Pemerintah berharap agara Al-Washliyah dapat bersinergi dengan pemerintah dan seluruh elemen masyarakat Aceh untuk mewujudkan program Aceh Carong dan Aceh Meuadab, ujar salah satu Kader militan Al-Jami’yatul Washliyah Aceh ini.


Selain jajaran Pengurus Al Washliyah Se-Aceh, turut hadir diantaranya Ketua Umum PB Al-Washliyah Dr H Yusnar Yusuf Rangkuti MS, Wakil Bupati Kabupaten Pidie Fadhlullah TM Daud, Kabid SDM Dinas Pendidikan Dayah Aceh Mustafa S.Sos, Kabid Santri Dinas Pendidikan Dayah Aceh Drs Muhammad Nasir dan para tamu undangan lainnya.

Sejarah Berdirinya Al-Washliyah

Al Jam’iyatul Washliyah, lebih dikenal dengan Al Washliyah, merupakan organisasi Islam yang didirikan di kota Medan, Sumatra Utara, pada tanggal 30 November 1930. Saat ini Al-Washliyah berusia 87 tahun.

Sejarah Berdirinya Al Washliyah ini didirikan pada masa penjajahan Hindia Belanda, dimana para pendiri organisasi Al Washliyah juga ikut berpartisipasi dalam melawan para penjajah.


Al-Washliyah memiliki tiga misi utama yaitu,Kegiatan Pendidikan, Kegiatan dakwah Islam dan Kegiatan amal sosial.

Hingga sekarang, Al Washliyah menjadi Ormas Islam yang bersifat sosial dan memiliki tujuan untuk mengamal ajaran Islam untuk kebahagiaan dunia dan akhirat. Selain itu, organisasi ini juga berpartisipasi dan berkontribusi mewujudkan masyarakat yang beriman, bertaqwa, aman, damai, adil, makmur, dan diridhai oleh Allah SWT dalam negara Indonesia yang didasarkan dengan Pancasila. []