DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH________________________MARI KITA SUKSESKAN PENYELENGGARAAN MUSABAQAH QIRAATIL KUTUB (MQK) TINGKAT PROVINSI ACEH TAHUN 2019

Ulama Dayah, Pioner Aceh Carong

Kategori : Berita Kamis, 28 Februari 2019 - Oleh rizafazzil

 

Ditangannya, banyak yang sudah berhasil beliau lakukan, diantaranya modifikasi metode Dakwah, beliau mendirikan radio dakwah Yadara FM yang saban hari bisa kita dengarkan pengajian-pengajian yang disiarkan secara langsung.

Di bidang ekonomi, Pimpinan Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunib Kabupaten Bireun ini juga memproduksi air mineral dalam kemasan yang ber merk Ie Yadara.

Baru-baru ini, Tu Sop juga memperlihatkan sisi Visionernya dengan cara terlibat dalam sebuah film sebagai pemeran utama. Tu Sop mengatakan dirinya menerima ajakan berperan dalam film untuk mengisi ruang kosong dalam berdakwah. Tu Sop pun sepakat memilih film sebagai media baru untuk menyampaikan dakwah.

"Jadi selama ini ada ruang-ruang kosong, ada orang yang tidak tersentuh dakwah. Sehingga saya menerima ajakan untuk main dalam film ini untuk mengisi ruang kosong tersebut, agar dakwah menjangkau semua segmen," ujar Tusop kepada wartawan yang dikutip dari serambinews.com pada Selasa (29/1/2019) lalu.

Dalam dunia Politik, Tu Sop pernah mencalonkan diri pada tahun 2017 yang lalu sebagai Calon Bupati Bireuen, namun kemenangan belum berpihak kepadanya. Dalam dunia Politik Tu Sop sepakat bahwa “jika agama tidak hadir memperbaiki politik, maka politik akan menjadi fitnah besar bagi agama dan masa depan bangsa”. Semangat itulah yang membawanya ingin terjun ke dalam dunia politik.


Kini Tu Sop sudah memimpin HUDA, organisasi Ulama Dayah terbesar di Aceh, dibawah komando nya tentu kita berharap agar organisasi HUDA ini bisa terus berkembang dengan baik.

Mewakili Pemerintah Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny berharap agar HUDA tetap menjadi mitra strategis Pemerintah Aceh, menurutnya sinergi antara HUDA dan Pemerintah Aceh tetap dijalankan setiap saat. Untuk itu Usamah mengajak para Ulama untuk turut serta berperan aktif dalam pembangunan Aceh. Ulama Dayah harus menjadi Pioneer Aceh Carong, Ujar Usamah.

Dunia Pendidikan Kita pernah Jaya di masanya, tidak menutup kemungkinan hal itu bisa kita raih kembali jika semua stakeholder bersatu, dengan suksesnya program Aceh Carong hendaknya mampu memberikan manfaat dan berdampak positif bagi kemajuan Aceh di masa mendatang.

Pada akhirnya semoga seluruh program dalam rencana kerja Gubernur Aceh pada konteks Aceh Carong dapat terwujud dan terealisasi dengan baik, ujar Usamah yang pernah “meudagang” Dayah Bustanul Ulum di Samalanga itu.

Semoga!