DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH________________________MARI KITA SUKSESKAN PENYELENGGARAAN MUSABAQAH QIRAATIL KUTUB (MQK) TINGKAT PROVINSI ACEH TAHUN 2019

Andil Abuya Batu Korong dan Komitmen Usamah El-Madny

Kategori : Berita Selasa, 19 Februari 2019 - Oleh rizafazzil

 

Tahun 2008 yang lalu, atas saran dari para Ulama-ulama Kharismatik di Aceh dan rekomendasi dari Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) demi menjaga dan membentengi aqidah Ummat dipandang perlu untuk membangun Dayah di Perbatasan Aceh. Atas saran dan rekomendasi tersebut Gubernur Aceh saat itu Irwandi Yusuf mendirikan 4 Dayah di Perbatasan Aceh, Salah satunya adalah Dayah Perbatasan Safinatussalamah di Aceh Singkil.


Pada awal survei lokasi Pembangunan Dayah Perbatasan di Aceh Singkil, semula akan didirikan di Kampung Lae Balno Kecamatan Danau Paris, namun karena kesulitan lokasi yang membutuhkan lahan seluas 10 ha, lokasi kemudian bergeser ke Kampong Biskang, tanah ini milik Tgk H Baihaqi atau Abuya Batu Korong yang merupakan salah satu Ulama Kharismatik Aceh Singkil yang juga Murid dari Syekh Muda Wali Al-Khalidy.

Abuya Batu Korong menghibahkan Tanah seluas 27 ha kepada Pemerintah Daerah Aceh Singkil saat itu, yang hari ini Jumat (15/2) telah diserahkan aset kepemilikannya kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang diterima oleh Kepala UPTD Dinas Pendidikan Dayah Aceh Drs Sahlan M Dian di Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Penyerahan hari ini pun terasa spesial karena diserahkan langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil yang juga Putra Asli Aceh.

Kedermawanan Abuya Batu Korong yang juga Ayah dari Pimpinan Dayah Perbatasan Safinatussalamah Aceh Singkil saat ini yaitu Tgk H Abi Hassan S.Sos.I MH patut kita hargai dan hormati, niat mulia Pemerintah Aceh untuk mendirikan Dayah Perbatasan di Aceh Singkil dijawab dengan solusi yang sangat membantu oleh Abuya Batu Korong, ujar Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny.

Upaya meningkatkan pengetahuan di bidang agama untuk masyarakat, upaya untuk menyiapkan generasi pemimpin Ummat masa depan, harus kita hargai dengan cara memperhatikan pembangunan sarana dan prasarana Dayah Perbatasan itu sendiri, tegas Usamah.

Gerak cepat, Komitmen dan Keseriusan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny untuk menertibkan penataan Aset Pemerintah Aceh di Dayah Perbatasan juga patut kita berikan apresiasi, Aset Tanah Dayah Perbatasan harus tuntas di periode awal tahun 2019 ini, tegasnya lagi.

Hari Senin (18/2) nanti bertempat di Gedung Kementrian Agraria dan Tata Ruang RI di Jakarta Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh bersama dengan Bupati Aceh Tamiang serta Pihak PT Socfindo akan melakukan pertemuan terkait dengan Penyelesaian Kepemilikan Tanah Dayah Perbatasan Manarul Islam Aceh Tamiang. Kita doakan bersama dalam waktu dekat proses penyerahan aset kepada Pemerintah Aceh ini bisa selesai dengan baik harap Usamah.