DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH________________________MARI KITA SUKSESKAN PENYELENGGARAAN MUSABAQAH QIRAATIL KUTUB (MQK) TINGKAT PROVINSI ACEH TAHUN 2019

Rapat Kerja Menuju Penyetaraan Ijazah Dayah

Kategori : Berita Rabu, 14 November 2018 - Oleh rizafazzil

 

Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh hari ini Senin (12/11) menggelar acara Rapat Kerja bersama Perwakilan Dayah seluruh Aceh dalam rangka sosialisasi Program Muadalah, Pendidikan Diniyah Formal dan Wajardikdas di Hotel Grand Aceh Syariah Lamdom Banda Aceh.


Acara yang mengusung tema satukan persepsi tentang program pendidikan diniyah formal (Muadalah dan Wajardikdas Pada Pondok Pasantren Salafiayah) ini berlangsung selama 2 hari dengan jumlah peserta yang mengikuti adalah sebanyak 60 orang berasal dari berbagai Dayah yang ada di Aceh.

Kanwil Kemenag Aceh Drs HM Daud Pakeh dalam pembukaan Acara menyampaikan bahwa Pondok Pasantren di Aceh harus melaksanakan Wajib Belajar Pendidikan Dasar (Wajardikdas) agar Pondok yang disetarakan dengan SMA/MA melaksanakan wajib sekolah 12 tahun.

Walaupun pondok tersebut tidak mengikuti Kurikulum Kemdiknas (SD, SMP,SMA) atau kurikulum (MI, MTS, MA) akan tetapi alumni Pondok Pasantren atau Dayah yang mengadopsi Mu’adalah dapat di terima (diakui) di perguruan tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri seperti Universitas Al Azhar, Ummul Quro’ dan sebagainya yang tersebar diseluruh Dunia, Tercatat saat ini sudah ada 21 Dayah yang menerapkan Program Wajardikas, Ujar Kanwil Kemenag Aceh itu.


Kepala Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh Usamah El-Madny SAg MM dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Dinas Pendidikan Dayah Aceh dengan Kanwil Kemenag Aceh, dalam kesempatan itu Usamah menyatakan Dukungan nya kepada 3 Program Unggulan dalam pengembangan Dayah di Aceh yaitu Program Muadalah, Program Pendidikan Diniyah Formal dan Program Wajardikdas (Wajib Belajar Pendidikan Dasar). Program Penyetaraan Ijazah ini manfaatnya juga untuk para santri lulusan dayah, agar Ijazah yang didapati dapat dipergunakan seperlunya jika dibutuhkan. Tidak ada lagi keraguan dari para pihak jika Kita menggunakan Ijazah lulusan dari Dayah, demikian Kadis Dayah.