DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH

Buka Perkampungan Remaja Masjid, Kadis Dayah Disambut Silat Plintau Khas Tamiang

Kategori : Government Rabu, 29 Agustus 2018 - Oleh rizafazzil

 

Karang Baru - Kepala Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh, Usamah El Madny, Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, acara terbuka Perkampungan Kerja Masjid Santri dan Remaja di Kampung Tangsi Lama Kecamatan Seuruway kabupaten Aceh Tamiang, Rabu malam, 29 Agustus 2018.

Acara ini dinyanyikan dengan tata cara penyambutan tamu sambil berbalas pantun dan mengunjungi silat plintau, seni bela diri khas Aceh Tamiang. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari sejak 29 Agustus hingga 2 September 2018. Diikuti 23 DPD BKPRMI se-Aceh.

Kegiatan-kegiatan Usamah Mulia ini tidak hanya menghasilkan ukhuwah masyarakat, tetapi juga menjadi forum berbagi pengetahuan dan aksi nyata bagi remaja mesjid dan santri dalam meningkatkan kepedulian sosial dan memperdalam ilmu agama.

“Pemerintah Aceh tentu sangat mendukung berlangsungnya kegiatan-kegiatan ini, kami akan membuat kegiatan yang dapat dilakukan para remaja mesjid untuk memakmurkan mesjid, tidak hanya pada salat lima waktu, tetapi setiap simpul kegiatan berpusat di masjid, karena ciri-ciri khas remaja adalah fokus pada dorongan Islam dan beraktivitas. di masjid, ”ujar Usamah El Madny.

Dalam sambutannya Usamah juga mengatakan, gerakan sosial ini sangat efektif untuk menyatukan kekuatan bersama-sama agar mampu menyelesaikan berbagai krisis moral yang melanda kaum muda. Menurutnya, program ini sejalan dengan mencekik Dinul Islam sebagai mana dalam RPJM Aceh 2017-2022. “Yang memperkuat pula dengan program Aceh Carong, Aceh Meuadap, dan Aceh Teuga,” tambah Usamah El Madny.

“Dalam kegiatan ini seluruh peserta akan terlibat melakukan berbagai kegiatan sosial, seperti pengobatan massal, pelatihan kader remaja masjid, bakti sosial, pelatihan guru TPA, dan lainnya. Intinya, kegiatan ini diharapkan menjadi bagian dari upaya memakmurkan masjid dan membumikan syariat Islam di Aceh, ”ujar Usamah El Madny.

Sementara itu, Ketua DPW BKPRMI Provinsi Aceh, Akhina Achyar, dalam sambutannya Menyampaikan terima kasih pada Pemkab Aceh Tamiang sebagai tuan rumah kegiatan Perkampungan Kerja Santri dan Remaja Mesjid. Khususnya untuk pihak Kecamatan Seuruway dan warga Desa Tangsi Lama yang sangat terbuka dan membantu dalam proses kelancaran kegiatan ini.

Sekda Kabupaten Aceh Tamiang, Razuardi, dan acara lainnya dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, yaitu menuju Aceh Tamiang yang mandiri dan berdaya saing menuju masyarakat islami yang sejahtera.

“Serta meningkatkan kualitas pengamalan syariat Islam dengan upaya keteladanan dan pengembangan budaya islami. Pemkab Aceh Tamiang juga membagikan kepada semua pihak yang ikut andil hingga terselenggaranya kegiatan ini, ”kata Razuardi.

 

Sumber: AcehTrend