DINAS PENDIDIKAN DAYAH

Dayah Darul Ulum Lhokseutuy Peringati 1 Muharram 1438 H

Kategori : Berita Senin, 24 Oktober 2016 - Oleh Abdul Hadi

Dayah Darul Ulum Lhokseutuy Peringati 1 Muharram 1438 H

Ulang Tahun Dayah Darul Ulum Lhokseutuy yang ke 16 tahun dan Peringatan Tahun Baru Hijriah (1 Muharram) dihadiri oleh Dr Bustami Usman Kepala Badan Pembinaan dan Pendidikan Dayah Aceh yang mewakili Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah yang berhalangan Hadir karna harus berangkat ke jakarta karena dipanggil oleh Presiden.

Acara yang diselenggarakan pada hari Rabu 19 Oktober 2016 dan bertempat di Dayah Darul Ulum Desa Lhokseutuy kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh utara ini juga mengundang Waled Nuruzzahri Samalanga.

Bustami Usman dalam pidato mewakili Gubernur Aceh menyampaikan Salam dari Gubernur dan memberikan semangat kepada Santri yang akan mengikuti ujian kenaikan kelas agar dapat belajar yang rajin, Gubernur juga berharap agar Alumni Dayah dapat berbuat dan berperan aktif dalam Pembangunan Aceh. Gubernur juga mengatakan tetap Komit dalam membantu Pembangunan Dayah yang ada di Aceh.

Dayah Darul Ulum Lhokseutuy ini menurut penjelasan Pimpinan Dayah Tgk Abdul Hamid Spd.I memiliki 200 orang santri, 50 orang berasal dari Aceh Tenggara, dan 150 orang lain nya berasal dari Aceh Utara, Aceh Timur dan Kota Lhokseumawe. Dayah Darul Ulum Lhokseutuy ini tidak mematok biaya kepada Santri, hanya siapa yang mampu saja boleh memberikan sumbangan seikhlasnya, begitu kata Tgk Abdul Hamid.

Waled Nu dalam memberikan ceramah singkat juga mengapresiasi orang tua santri yang mempercayai pendidikan anak nya di Dayah, khususan kepada Orang tua yang berasal dari Aceh Tenggara yang santri nya paling banyak di Dayah Darul Ulum Lhoseutuy ini. Waled Nu Samalanga juga mengatakan bagus jika anak-anak diberikan pendidikan Agama agar dia mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik, mana yang dosa dan yang tidak berdosa dan terlebih lagi bisa mendoakan kedua orang tua. Insya allah selamat Dunia Akhirat, Ujar Waled Nu.

Dayah Darul Ulum Lhokseutuy ini pada tahun 2013 mendapatkan bantuan Rp 279.000.000, pada 2014 Rp 465.000.000, tahun 2015 Rp 372.000.000 dari Pemerintah Aceh melalui Badan Pembinaan dan Pendidikan Dayah Provinsi Aceh.

Dalam Rangkaian Acara Ulang Tahun Dayah dan peringatan 1 Muharram pada malam harinya juga menampilkan Penceramah Tgk Muliadi alu awe dari Kota Lhokseumawe.(AH).