DINAS PENDIDIKAN DAYAH ACEH

Trend Belajar di Dayah

Kategori : Berita Senin, 19 September 2016 - Oleh fitra

 

ACEH tanpa dayah bukanlah Aceh dengan kisah kegemilangan dan heroismenya. Berkat dayah dunia mengenal Aceh. Hamzah Fansuri, Syamsuddinal-Sumatrani, Nurruddin Ar-Raniry, dan Abdul Rauf al-Singkili adalah beberapa nama utama ulama Aceh.

Berbekal jasa ulama berbasis dayah ini juga posisi keacehan mampu bertahan dari gempuran asing.Heroisme Islam yang dihembuskan oleh para ulama di Aceh, melalui dayah, membuat rakyat tidak pernah menyerah meski terkadang kalah oleh kekuatan alat tempur musuh.

Peran ulama dalam membangun Aceh juga sangat kentara. Bersama dengan umara (pemimpin) pembangunan, posisi ulama dengan dayahnya terus memberi kontribusi dan menjadi penopang perjalanan keacehan, sekalipun dalam ragam keadaan darurat.

Maka, sangat wajar jika saat ini, pesona dayah Aceh kembali bersinar. Dukungan  Pemerintah Aceh, melalui Badan Pembinaan Pendidikan Dayah (BPPD) Aceh, untuk terus memberdayakan dayah setara dengan dunia pendidikan formal makin membuat trend belajar di dayah terus tumbuh, menjadi daya tarik dan membangun antusiasme. Sungguh, jika ulama dan umara terus bersatu padu, niscaya kemilau pesona dayah Aceh akan kembali menjadikan Aceh sebagai kiblat kebangkitan Islam, sebagaimana dahulunya. Insya Allah!